Jawaban
Kuis Multimedia :
1. Maksudnya
ialah penggunaan teks pada multimedia harus mampu memberikan penjelasan
terhadap apa yang akan disampaikan pada publik. Terutama mengenai data-data
penting sehingga penerima informasi
tersebut dengan mudah untuk memahami apa yang disampaikan tersebut. Selain
itu juga, pada sebuah teks kita perlu memperhatikan penggunaan kata-kata atau
kalimat yang baik dan tidak rancu demi mempermudahkan penerima dalam mencerna
informasi yang disampaikan.
2. Fungsi
dari teks sendiri ialah untuk mengkomunikasikan ide dan fakta-fakta yang akurat
dan sesuai dengan kenyataan. Mengapa demikian? Karena dalam multimedia teks
merupakan media yang sangat efektif untutk menyampaikan idea atau panduan
kepada pengguna. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan teks
dalam suatu aplikasi multimedia diantaranya adalah :
a. Gunakan
huruf (font) yang sesuai dengan tema aplikasi multimedia yang akan dibuat
b.
Pastikan
huruf (font) yang digunakan tersedia di komputer yang lain.
c. Pemilihan
bentuk dan warna yang sesuai dengan tema aplikasi multimedia yang akan dibuat
d.
Pastikan
teks tersebut dapat dibaca
e. Usahakan
ringkas, padat dan jelas..
3. Audio/suara
merupakan media yang ampuh untuk
menyajikan informasi karena pemakai dapat mendengar suara suatu kata dengan
tepat. Suara merupakan simbol yang digunakan untuk berkomunikasi. Integrasi suara
dalam aplikasi multimedia dapat memberikan informasi yang tidak dapat
disampaikan oleh media lain. Suara mempunyai peranan penting dalam proses
pembelajaran menjadi lebih dinamis dan hidup, karena suara merupakan salah satu
nonverbal yang disebut paralinguistik. Peranan pesan nonverbal dalam proses
komunikasi sangatlah besar karena mempunyai fungsi sebagai repetisi (mengulang
kembali informasi yang telah disampaikan), substitusi (menggantikan
lambang-lambang verbal), kontradiksi (memberikan makna yang lain terhadap pesan
verbal), komplemen (melengkapi dan memperkaya pesan verbal) dan aksentuasi
(menegaskan pesan verbal).
4. Audio
memiliki sifat auditif dibandingkan dengan media televisi atau internet yang
memiliki sifat auditif dan visualisasi. Shingga diperlukan pemahaman yang cukup
dalam bagi seseorang yang menyampaikan pesan atau informasi lewat media audio
mengenai theater of mind. Theater of
mind maksudnya ialah panggung pikiran, keunikan penyiar atau pemberi
informasi dalam menyampaikan materi siaran sehingga pendengar bisa membayangkan
kata-kata yang disampaikan dengan baik. Pendengar bisa berimajinasi akan
seseorang penyiar atau pembicara yang sedang berbicara lewat media audio. Theater
of mind dalam radio bisa menampilkan
imajinasi yang berbeda bagi setiap pendengar. Seorang penyampai informasi yang
memahami theater of mind dengan
baik dapat membuat pendengar menjadi nyaman.
5. Benar sekali, terkadang ketika kita
menyaksikan presentasi seseorang yang kebanyakan menggunakan media teks itu
sangat menjenuhkan terutama bagi para pelajar khususnya tingkat dasar. Media yang
digunakan dalam penyampaian informasi sebaiknya ditambahkan media-media
visualisasi dalam bentuk gambar agar si pendengar atau audien tidak merasa
jenuh. Dengan adanya media gambar tersebut pusat perhatian seseorang akan
tertuju terhadapa isi gambar tersebut.
Gambar sebagai media pendidikan juga memiliki fungsi yang
diharapkan dalam proses belajar mengajar antara lain :
a.
Fungsi
Atensi
Media visual
atau gambar merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk
berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang
ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
b.
Fungsi
Afektif
Media visual
atau gambar dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar atau
membaca teks yang bergambar.
c.
Fungsi
Kognitif
Media visual
atau gambar terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa
lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan
mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
d. Fungsi
Kompensatoris
Media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual atau gambar yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali dengan kata lain, media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasi siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau disajikan secara verbal.
Media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual atau gambar yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali dengan kata lain, media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasi siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau disajikan secara verbal.
6.
Dengan
adanya media visual atau gambar mampu membantu dalam menyampaikan informasi
dengan baik. Selain itu juga membantu penyampaian informasi secara efektif dan
efesien. Data-data penting dapat dicantumkan atau ditampilkan dalam sebuah
gambar sehingga penyampaiannya lebih menarik dan tidak menjenuhkan.
7. Elemen
video dalam multimedia sangat membantu seseorang untuk menyampaikan
informasi-informasi penting dan menarik dengan lebih akurat. Kenapa demikian? Karena
video mampu menyampaikan informasi secara nyata dari setiap proses, fenomena
atau kejadian-kejadian lain yang terjadi dilingkungan kita. Selain itu juga,
penerima video dengan mudah mencerna dan memahami informasi yang disampaikan
karena kejadian nya dapat dilihat secara langsung meski kejadian tersebut jauh
dari sekitar kita.
8. Dengan
adanya video, informasi-informasi yang disampaikan dengan media teks atau
gambar yang kurang jelas mampu dijelaskan secara aktual dengan menggunakan atau
menambahkan media video dalam informasi tersebut. Sehingga penerima informasi
dapat memahaminya dengan baik. Terutama dalam proses kegiatan belajar
mengajar.. video sangat membantu sekali para pelajar dalam memahami pelajaran
yang disampaikan guru padanya.
Video memiliki kelebihan sebagai berikut :
a.
Mengatasi
jarak dan waktu
b.
Mampu
menggambarkan peristiwa-peristiwa masa lalu secara realistis dalam waktu yang
singkat
c. Dapat
membawa siswa berpetualang dari negeri satu ke negeri lainnya dan dari masa
yang satu ke masa yang lain
d.
Dapat
diulang-ulang bila perlu untuk menambah penjelasan
e.
Pesan
yang disampaikannya cepat dan mudah diingat
f.
Mengembangkan
pikiran dan pendapat para siswa
g.
Mengembangkan
imajinasi
h.
Memperjelas
hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan yang lebih realistik
i. Mampu berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah didalam kelas
j. Mampu berperan sebagai storyteller yang dapat memancing kreativitas peserta didik dalam mengekspresikan gagasannya.
i. Mampu berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah didalam kelas
j. Mampu berperan sebagai storyteller yang dapat memancing kreativitas peserta didik dalam mengekspresikan gagasannya.
9. Animasi
merupakan kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan
gambar bergerak, pergerakan itu dibentuk dengan menampilkan urutan gambar yang
berubah sedikit demi sedikit pada kecepatan yang tinggi, sehingga menghasilkan
objek gambar statik yang dapat bergerak seperti hidup.
Dari pengertian tersebut, jelas sekali bahwa animasi asalnya adalah
dari sebuah gambar yang diolah dengan bantuan sebuah aplikasi (software) khusus
untuk mengelola gambar tersebut menjadi sebuah animasi atau gambar bergerak. Manfaat
dari animasi sendiri ialah sebagai media hiburan, media presentasi, media
iklan, media ilmu pengetahuan, media batu dan media pelengkap.
Sepakat dengan pernyataan bahwa animasi mampu menjanjikan suatu
tampilan visual yang lebih dinamis dan dapat menampilkan sesuatu yang mustahil atau komplek dalam kehidupan yang
sebenarnya. Sebagai contoh apabila aplikasi multimedia ingin menjelaskan proses
alam seperti hujan, mungkin sulit untuk dipragakan atau dibuktikan secara
nyata, maka dengan adanya animasi multimedia hal tersebut dapat digambarkan,
dipaparkan dalam bentuk gambar bergerak yang seolah-olah hidup.
10. Betul sekali dalam penggunaan animasi, visualisasi, eksperimen
virtual dalam suatu pembelajaran aktif tidak menjamin efek positif pada
pembelajaran. Pernyataan ini memiliki beberapa alasan diantaranya :
a. Dalam
pemanfataan multimedia terutama media animasi seseorang ditunutut untuk cukup
kreatif dan trampil untuk mendesain animasi yang dapat secara efektif digunakan
sebagai media pembelajaran.
b. Memerlukan
software khusus untuk membukanya
Selain trampil, pemanfaatn media animasi juga memerlukan software
khusus untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran..
c. Guru
sebagai komunikator dan fasilitator harus memiliki kemampuan memahami siswanya,
bukan memanjakannya dengan berbagai animasi pembelajaran yangcukup jelas tanpa
adanya usaha belajar mereka atau penyajian informasi yang terlalu banyak dalam
satu frame cenderung akan sulit dicerna siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar