Langsung ke konten utama

KUIS Multimedia


Jawaban Kuis Multimedia :

1.   Maksudnya ialah penggunaan teks pada multimedia harus mampu memberikan penjelasan terhadap apa yang akan disampaikan pada publik. Terutama mengenai data-data penting sehingga penerima informasi  tersebut dengan mudah untuk memahami apa yang disampaikan tersebut. Selain itu juga, pada sebuah teks kita perlu memperhatikan penggunaan kata-kata atau kalimat yang baik dan tidak rancu demi mempermudahkan penerima dalam mencerna informasi yang disampaikan.
2.   Fungsi dari teks sendiri ialah untuk mengkomunikasikan ide dan fakta-fakta yang akurat dan sesuai dengan kenyataan. Mengapa demikian? Karena dalam multimedia teks merupakan media yang sangat efektif untutk menyampaikan idea atau panduan kepada pengguna. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan teks dalam suatu aplikasi multimedia diantaranya adalah :
a.      Gunakan huruf (font) yang sesuai dengan tema aplikasi multimedia yang akan dibuat
b.      Pastikan huruf (font) yang digunakan tersedia di komputer yang lain.
c.      Pemilihan bentuk dan warna yang sesuai dengan tema aplikasi multimedia yang akan dibuat
d.      Pastikan teks tersebut dapat dibaca
e.      Usahakan ringkas, padat dan jelas..
3.  Audio/suara  merupakan media yang ampuh untuk menyajikan informasi karena pemakai dapat mendengar suara suatu kata dengan tepat. Suara merupakan simbol yang digunakan untuk berkomunikasi. Integrasi suara dalam aplikasi multimedia dapat memberikan informasi yang tidak dapat disampaikan oleh media lain. Suara mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran menjadi lebih dinamis dan hidup, karena suara merupakan salah satu nonverbal yang disebut paralinguistik. Peranan pesan nonverbal dalam proses komunikasi sangatlah besar karena mempunyai fungsi sebagai repetisi (mengulang kembali informasi yang telah disampaikan), substitusi (menggantikan lambang-lambang verbal), kontradiksi (memberikan makna yang lain terhadap pesan verbal), komplemen (melengkapi dan memperkaya pesan verbal) dan aksentuasi (menegaskan pesan verbal).
4.   Audio memiliki sifat auditif dibandingkan dengan media televisi atau internet yang memiliki sifat auditif dan visualisasi. Shingga diperlukan pemahaman yang cukup dalam bagi seseorang yang menyampaikan pesan atau informasi lewat media audio mengenai  theater of mind. Theater of mind maksudnya ialah panggung pikiran, keunikan penyiar atau pemberi informasi dalam menyampaikan materi siaran sehingga pendengar bisa membayangkan kata-kata yang disampaikan dengan baik. Pendengar bisa berimajinasi akan seseorang penyiar atau pembicara yang sedang berbicara lewat media audio. Theater of mind  dalam radio bisa menampilkan imajinasi yang berbeda bagi setiap pendengar. Seorang penyampai informasi yang memahami theater of mind  dengan baik dapat membuat pendengar menjadi nyaman.
5.   Benar sekali, terkadang ketika kita menyaksikan presentasi seseorang yang kebanyakan menggunakan media teks itu sangat menjenuhkan terutama bagi para pelajar khususnya tingkat dasar. Media yang digunakan dalam penyampaian informasi sebaiknya ditambahkan media-media visualisasi dalam bentuk gambar agar si pendengar atau audien tidak merasa jenuh. Dengan adanya media gambar tersebut pusat perhatian seseorang akan tertuju terhadapa isi gambar tersebut.
Gambar sebagai media pendidikan juga memiliki fungsi yang diharapkan dalam proses belajar mengajar antara lain :
a.       Fungsi Atensi
Media visual atau gambar merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
b.      Fungsi Afektif
Media visual atau gambar dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar atau membaca teks yang bergambar.
c.       Fungsi Kognitif
Media visual atau gambar terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
d.     Fungsi Kompensatoris
    Media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual atau gambar yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali dengan kata lain, media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasi siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau disajikan secara verbal.
6.      Dengan adanya media visual atau gambar mampu membantu dalam menyampaikan informasi dengan baik. Selain itu juga membantu penyampaian informasi secara efektif dan efesien. Data-data penting dapat dicantumkan atau ditampilkan dalam sebuah gambar sehingga penyampaiannya lebih menarik dan tidak menjenuhkan.
7.  Elemen video dalam multimedia sangat membantu seseorang untuk menyampaikan informasi-informasi penting dan menarik dengan lebih akurat. Kenapa demikian? Karena video mampu menyampaikan informasi secara nyata dari setiap proses, fenomena atau kejadian-kejadian lain yang terjadi dilingkungan kita. Selain itu juga, penerima video dengan mudah mencerna dan memahami informasi yang disampaikan karena kejadian nya dapat dilihat secara langsung meski kejadian tersebut jauh dari sekitar kita.
8.   Dengan adanya video, informasi-informasi yang disampaikan dengan media teks atau gambar yang kurang jelas mampu dijelaskan secara aktual dengan menggunakan atau menambahkan media video dalam informasi tersebut. Sehingga penerima informasi dapat memahaminya dengan baik. Terutama dalam proses kegiatan belajar mengajar.. video sangat membantu sekali para pelajar dalam memahami pelajaran yang disampaikan guru padanya.
Video memiliki kelebihan sebagai berikut :
a.       Mengatasi jarak dan waktu
b.      Mampu menggambarkan peristiwa-peristiwa masa lalu secara realistis dalam waktu yang singkat
c.      Dapat membawa siswa berpetualang dari negeri satu ke negeri lainnya dan dari masa yang satu ke masa yang lain
d.      Dapat diulang-ulang bila perlu untuk menambah penjelasan
e.       Pesan yang disampaikannya cepat dan mudah diingat
f.       Mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa
g.      Mengembangkan imajinasi
h.      Memperjelas hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan yang lebih realistik
i.   Mampu berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang   akan dibedah didalam kelas
j.   Mampu berperan sebagai storyteller yang dapat memancing kreativitas peserta didik dalam mengekspresikan gagasannya.
9.    Animasi merupakan kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambar bergerak, pergerakan itu dibentuk dengan menampilkan urutan gambar yang berubah sedikit demi sedikit pada kecepatan yang tinggi, sehingga menghasilkan objek gambar statik yang dapat bergerak seperti hidup.
Dari pengertian tersebut, jelas sekali bahwa animasi asalnya adalah dari sebuah gambar yang diolah dengan bantuan sebuah aplikasi (software) khusus untuk mengelola gambar tersebut menjadi sebuah animasi atau gambar bergerak. Manfaat dari animasi sendiri ialah sebagai media hiburan, media presentasi, media iklan, media ilmu pengetahuan, media batu dan media pelengkap.
Sepakat dengan pernyataan bahwa animasi mampu menjanjikan suatu tampilan visual yang lebih dinamis dan dapat menampilkan sesuatu yang  mustahil atau komplek dalam kehidupan yang sebenarnya. Sebagai contoh apabila aplikasi multimedia ingin menjelaskan proses alam seperti hujan, mungkin sulit untuk dipragakan atau dibuktikan secara nyata, maka dengan adanya animasi multimedia hal tersebut dapat digambarkan, dipaparkan dalam bentuk gambar bergerak yang seolah-olah hidup.
10. Betul sekali dalam penggunaan animasi, visualisasi, eksperimen virtual dalam suatu pembelajaran aktif tidak menjamin efek positif pada pembelajaran. Pernyataan ini memiliki beberapa alasan diantaranya :
a.    Dalam pemanfataan multimedia terutama media animasi seseorang ditunutut untuk cukup kreatif dan trampil untuk mendesain animasi yang dapat secara efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
b.     Memerlukan software khusus untuk membukanya
Selain trampil, pemanfaatn media animasi juga memerlukan software khusus untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran..
c.   Guru sebagai komunikator dan fasilitator harus memiliki kemampuan memahami siswanya, bukan memanjakannya dengan berbagai animasi pembelajaran yangcukup jelas tanpa adanya usaha belajar mereka atau penyajian informasi yang terlalu banyak dalam satu frame cenderung akan sulit dicerna siswa.







DAFTAR PUSTAKA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks dalam Multimedia

TEKS DALAM MULTIMEDIA 2.1   PENGENALAN TEKS Teks dapat diartikan sebagai kombinasi dari huruf-huruf yang membentuk kata maupun kalimat yang mengandung informasi tertentu. Teks atau sering dikenal sebagai tulisan sudah dikenal sejak jaman dahulu. Sejarah dapat diketahui banyak dari tulisan para ahli, selain peninggalan benda bersejarah sejak dulu. Teks banyak digunakan dalam tulisan artikel, buku atau pun majalah. Selain dalam menyampaikan informasi juga untuk memasarkan produk, serta mempunyai pengaruh besar dalam hidup seseorang. Sebagai contoh teks yang dapat memengaruhi hidup orang seperti kata kata motivasi, atau ungkapan dari seorang terkenal seperti Thomas Alva Edison. Kutipan kata kata dari Thomas Alva Edison seperti “Selalu ada cara untuk melakukan lebih baik. Temukanlah!“. Ada juga ungkapan dari Thomas Alva Edison seperti “Saya tidak akan mengatakan saya gagal 1000 kali, tapi saya akan mengatakan bahwa saya menemukan 1000 cara yang tidak berhasil jika dilakukan.” (...

Tugas Mata Kuliah Multimedia

MULTIMEDIA 1.       PENGERTIAN MULTIMEDIA Multimedia terdiri dari dua kata yaitu multi dan media. Multi artinya bisa lebih dari satu sedangkan media merupakan sarana untuk menampilkan atau mendistribusikan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, musik, dan lain-lain. Jika digabungkan kedua kata tersebut dapat diartikan secara harfiah, multimedia adalah kombinasi berbagai sarana baik berupa teks, gambar, suara, animasi maupun video untuk menampilkan atau sebagai medium untuk mendistribusikan informasi dalam berbagai bentuk melalui peralatan digital. Peralatan digital yang ada meliputi komputer, tablet, smartphone, dan PDA. “Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik...