Langsung ke konten utama

Tugas 12 iSpring


iSpring

A. Pengertian iSpring
ISpring Presenter merupakan salah satu tool yang mengubah file presentasi menjadi bentuk flash dan bentuk SCORM / AICC, yaitu bentuk yang biasa digunakan dalam pembelajaran dengan e-learning LMS (Learning management System). Perangkat lunak Ispring tersedia dalam versi free (gratis) dan berbayar. Versi free Ispring dapat di download di http://www.ispringfree.com/download.html.
Ispring Presenter secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft power point sehingga penggunaannya tidak membutuhkan keahlian yang rumit. Beberapa fitur Ispring Presenter adalah :
1. Ispring Presenter bekerja sebagai add-ins PowerPoint, untuk menjadikan file PowerPoint lebih menarik dan interaktif berbasis Flash dan dapat dibuka di hampir setiap komputer atau platform.
2. Dikembangkan untuk mendukung e-learning. Ispring Presenter dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, diantaranya adalah dapat merekam dan sinkronisasi video presenter, menambahkan Flash dan video YouTube, mengimpor atau merekam audio, menambahkan informasi pembuat presentasi dan logo perusahaan, serta membuat navigasi dan desain yang unik.
3. Mudah didistribusikan dalam format flash, yang dapat digunakan dimanapun dan dioptimalkan untuk web.
4. Membuat kuis dengan berbagai jenis pertanyaan/soal yaitu : True/False, Multiple Choice, Multiple response, Type In, Matching, Sequence, numeric, Fill in the Blank, Multiple Choice Text.
Berikut ini adalah gambar tipe kuis yang dapat dibuat dengan ISpring Presenter.



Menu utama yang ada dalam iSpring Presenter pada gambar berikut : 


Publish : Mengatur publikasi presentasi
Presentation : Pengaturan/manajemen presentasi, presenter, dan tautan/link
Narration : Pengaturan narasi video/audio, dan sinkronisasi narasi
Insert : Menyisipkan Flash, Quiz, dan video youtube
About : Info Tentang Sofware, Bantuan, dan update software


B. Audio Recording 

Kita bisa merekam narasi audio dengan cara membaca teks dengan keras atau narasi lainnya dan mensinkronisasi dengan slideshow.


Langkah untuk merekam audio :
1. Klik Record Audio



2. Pilih slide yang akan ditambahkan narasi atau pilih slide slide untuk mulai merekam pada menu drop-down slide.
3. Klik Start record untuk mulai merekam narasi audio.
4. Klik OK untuk menyimpan perubahan
berikut Tutorial Record Audio :




C. Video Recording 
Presentasi bisa ditambahkan narasi yang berupa video, menggunakan webcam dan software iSpring Presenter Master Edition.
Klik Record Video dan rekam film.




Merekam Video:
1. Klik Record Video



2. Pilih slide yang akan ditambahkan rekaman video dari drop-down menu
3. Klik Start record untuk mulai merekam video.
4. Klik OK untuk menyimpan perubahan
berikut adalah tutorial Record Video :






D. Kelebihan iSpring
Sebagai contoh yaitu saat kita membuat media pembelajaran dalam format flash dengan Ispring Free.
a. Bagi seorang guru tentunya membuat suasana kelas menjadi kelas yang menarik dan tidak membosankan adalah idaman, salah satunya dapat diwujudkan dengan membuat media pembelajaran berbasis IT, dulu hanya mengandalkan presentasi powerpoint, sekarang lebih baik jika menggunakan presentasi dengan menggunakan file flash
b. Kelebihan file flash, filenya kecil sehingga mudah di upload/download di web,
c. File pendukung tidak perlu disertakan, sehingga kemungkinan di copas orang lain kecil banget kemungkinannnya. Terlebih di era sertifkasi guru, maka kita akan merasa kecewa berat kalo karya-karya kita di copas orang lain.
d. Namun sepertinya kalo menyebut file flash, adalah hal yang sangat rumit, tetapi hal itu menjadi sangat mudah hanya dengan bantuan sebuah software yang bernama ISPRING FREE. iSpring Free adalah software yang dapat digunakan untuk merubah file Powerpoint ke dalam bentuk Flash Movie. iSpring membuat soalah-olah persentasi yang kita buat,dibuat menggunakan adobe flash. Software ini adalah free alias gratis untuk versi standart. Sedangkan yang versi Pro harus berbayar.
e. Membuat format Flash menjadi sangat mudah,yang mana file flash ini digunakan dan dioptimalkan untuk file share di web. Sangat kompetible untuk pengunjung web mengakses file flash dengan Ispring Free ini di web dengan browser apapun.

E. Kekurangan iSpring


Referensi :
- Kuswari Hernawati, M.Kom, "MODUL PELATIHAN ISPRING PRESENTER" Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY kuswari@uny.ac.id.
http://nugrahaa167.blogspot.com/2016/03/mengenal-ispring-presentation.html
https://taufikibrahim.wordpress.com/info-software-untuk-pendidikan/animasi/935-2/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks dalam Multimedia

TEKS DALAM MULTIMEDIA 2.1   PENGENALAN TEKS Teks dapat diartikan sebagai kombinasi dari huruf-huruf yang membentuk kata maupun kalimat yang mengandung informasi tertentu. Teks atau sering dikenal sebagai tulisan sudah dikenal sejak jaman dahulu. Sejarah dapat diketahui banyak dari tulisan para ahli, selain peninggalan benda bersejarah sejak dulu. Teks banyak digunakan dalam tulisan artikel, buku atau pun majalah. Selain dalam menyampaikan informasi juga untuk memasarkan produk, serta mempunyai pengaruh besar dalam hidup seseorang. Sebagai contoh teks yang dapat memengaruhi hidup orang seperti kata kata motivasi, atau ungkapan dari seorang terkenal seperti Thomas Alva Edison. Kutipan kata kata dari Thomas Alva Edison seperti “Selalu ada cara untuk melakukan lebih baik. Temukanlah!“. Ada juga ungkapan dari Thomas Alva Edison seperti “Saya tidak akan mengatakan saya gagal 1000 kali, tapi saya akan mengatakan bahwa saya menemukan 1000 cara yang tidak berhasil jika dilakukan.” (Gamb

Tugas Mata Kuliah Multimedia

MULTIMEDIA 1.       PENGERTIAN MULTIMEDIA Multimedia terdiri dari dua kata yaitu multi dan media. Multi artinya bisa lebih dari satu sedangkan media merupakan sarana untuk menampilkan atau mendistribusikan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, musik, dan lain-lain. Jika digabungkan kedua kata tersebut dapat diartikan secara harfiah, multimedia adalah kombinasi berbagai sarana baik berupa teks, gambar, suara, animasi maupun video untuk menampilkan atau sebagai medium untuk mendistribusikan informasi dalam berbagai bentuk melalui peralatan digital. Peralatan digital yang ada meliputi komputer, tablet, smartphone, dan PDA. “Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk,